Mengenal Teknologi 5G Yang Tengah Gencar Di Rancang Tiongkok

Berbicara mengenai berita teknologi 5G, tentu saja tidak akan ada habisnya. Teknologi masa depan ini sudah banyak digarap oleh berbagai negara di dunia, termasuk Tiongkok. Dibanding negara lain, Tiongkok nampaknya sangat mantap untuk mengejar terciptanya teknologi terbaru ini. Sudah banyak promosi dan rancangan yang dilakukan. Lantas seperti apa kemajuannya teknologi ini? Apa proses ke depannya bagus?

Perkembangan Teknologi 5G di Tiongkok

Wakil Menteri Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok, Xin Guobin dan Kepala Insinyur dari Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi Tiongkok, Hu Jianbo menjawab pertanyaan berbagai pihak seputar perkembangan teknologi modern ini. Ia menyebutkan jika pembangunan stasiun 5G di Tiongkok sudah mengalami kemajuan pesat.

Kemajuan pembangunan stasiun teknologi 5G 2020 tersebut telah melampaui ekspektasi yang dinginkan oleh Pemerintah. Menariknya jumlah kumulatif koneksi antar terminal yang sudah terjalin sudah mencapai 88 juta di akhir Juli lalu. Melihat fakta ini, Tiongkok tentunya tidak akan membuatnya menjadi investasi bodong.

Tiongkok berencana akan menggunakan teknologi ini untuk berbagai konstruksi inovatif 5G diberbagai bidang seperti kesehatan, jaringan pribadi perusahaan, aplikasi industri 5G dan masih banyak lainnya. Dengan perkembangan teknologi seperti ini, tidak heran jika Tiongkok mendapat banyak keuntungan dari teknologi 5G.

Keunggulan Pasar Tiongkok Dengan Adanya Inovatif 5G

Saat ini dampak keunggulan yang didapat Tiongkok berkat penelitian dan pengembangan 5G adalah keunggulan pasar global. Ini menjadi keunggulan yang paling dirasakan oleh negeri Tirai Bambu ini. Berkat teknologi ini, Tiongkok sudah memimpin industri dunia dalam hal e commerce dan juga e payment.

Di masa depan, seiring berkembangnya teknologi 5G terbaik ini, ada banyak industri bisnis yang bakal ditemui di Tiongkok. Teknologi ini bisa dijadikan sebagai internet industri atau sebagainya. Jadi akses bisnis lebih mudah dan tidak ribet lagi,.

Keuntungan Kebijakan Berkat 5G

Bukan hanya unggul di pasar global saja, berkat adanya teknologi tercanggih ini, Tiongkok juga lebih unggul dari sisi kebijakan dari berbagai negara di dunia. Investasi awal yang dilakukan Tiongkok di bidang infrastruktur 5G sangatlah besar.

Dari tingkat lokal hingga tingkat pusat, semua pihak fokus pada pengembangan konstruksi teknologi 5G. Menariknya, untuk mencapai tujuan kebijakan, sudah disediakan subsidi untuk membangun stasiun dan juga konsumsi listrik 5G.

Keuntungan Teknis Dari Teknologi Inovatif 5G

Selain keuntungan dari sisi kebijakan dan pasar global, 5G telah dibuktikan Tiongkok juga memberi keuntungan dari sisi teknis. Hingga saat ini, Tiongkok menjadi garda terdepan untuk pembangunan sistem 5G yang ada di dunia.

Tak hanya itu, teknologi 5G tercanggih dari Tiongkok juga dikembangkan untuk ponsel 5G serta kecerdasan buatan. Mungkin 10 tahun  kedepan, teknologi ini bisa memberi dampak positif bagi semua bidang untuk Tiongkok\

Hambatan Perkembangan dan Pertumbuhan Inovasi 5G di Tiongkok

Membahas mengenai teknologi modern 5G, tentu saja akan langsung tertuju ke Tiongkok meskipun di dunia ada banyak negara lain yang juga mengembangkan hal serupa. Meskipun begitu, Tiongkok menjadi garda terdepan untuk mengembangkan teknologi ini menjadi lebih baik.

Meskipun perkembangan teknologi 5G di Tiongkok tidak ada hambatan, tapi ternyata tidak semudah itu. Ini disampaikan oleh Hu Jianbo yang ternyata Tiongkok hingga saat ini masih mengalami banyak tantangan. Contohnya seperti jaringan yang tak memadai, kebutuhan untuk memperluas jangkauan hingga kedalaman cangkupan yang tidak sesuai harapan.

Pengembangan panterminal 5G harus diperkuat, misalnya untuk bagian VR, AR ataupun berbagai perangkat wearable lainnya. Dengan begitu, akan sangat membantu untuk mengembangkan teknologi ini kedepannya. Sedangkan untuk industri vertikal seperti modul 5G juga ada hambatan.

Misalnya perlu adanya peningkatkan untuk penelitian dan juga pengembangan agar biaya modul tidak boros sehingga jaringan teknologi 5G bisa digunakan secara menyeluruh di berbagai industri internet.

Contoh Pengembangan Inovasi 5G Di Tiongkok

Hingga saat ini sudah ada banyak contoh produk yang menggunakan teknologi ini di Tiongkok. Misalnya kontrol alat berat yang menggunakan teknologi online 5G. Jadi cara kerja ini sangat bagus untuk solusi di era pandemi seperti sekarang. Jadi para pegawai tidak perlu pergi ke kantor dan bisa bekerja dari rumah saja.

Pengembangan ini dibuktikan oleh aktifitas penambangan yang ada di Henan, Thiongkok. Jadi di wilayah penambangan tersebut, para tenaga kerja bisa mengontrol alat berat jarak jauh karena penerangan teknologi 5G. Kontrol ini dilakukan oleh pekerja dari perusahaan pertambahan Sandaozhuang Mine of China Molybdenum Co., Ltd yang lokasinya di Luanchuan County, China.

Berkat bukti ini, tidak heran jika banyak pihak yang menyebutkan jika Tiongkok berhasil mengembangkan dan membuat teknologi terbaru di masa depan./ Belum lagi teknologi ini juga memakai kecepatan tinggi yang latensinya cukup rendah sehingga bisa digunakan oleh siapapun dari jarak jauh dengan menggunakan konsep presisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *