Perlengkapan Besi Pada Kapal Laut Wajib Dimiliki

Kapal merupakan salah satu alat transportasi yang biasa digunakan di kawasan lautan. Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis kapal yang mengarungi lautan baik di Indonesia maupun di dunia. Mulai dari kapal jenis sederhana hingga kapal dengan fasilitas mewah dan teknologi super canggih. Semua jenis perlengkapan besi pada kapal tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing sesuai kebutuhan ini bisa didapatkan melalui distributor alat kapal yang ada di kota Anda. Contohnya adalah seperti perlengkapan navigasi dan berbagai alat alat lainnya.

Ditemukannya kapal menjadi salah satu penemuan yang sangat membantu kehidupan bagi masyarakat dari dulu hingga sekarang. Dengan adanya kapal, informasi dari satu pulau dapat cepat tersampaikan ke pulau lain yang dibatasi oleh lautan. Tidak hanya itu, berbagai jenis barang bahkan manusia pun dapat berpindah tempat dari pulau ke pulau. Dari benua satu ke benua lainnya, dari belahan bumi satu ke belahan bumi lainnya. Maka dari itu, kapal termasuk penemuan yang berpengaruh bagi perkembangan hidup manusia.

Karena menjalankan fungsi penting, maka tidak jarang benda yang terdapat di atas kapal juga memiliki bobot yang berat. Dan untuk memindahkan serta menarik benda-benda tersebut, dibutuhkan alat yang kuat dan kokoh. Banyak perlengkapan besi pada kapal yang harus tersedia di atas kapal laut demi mendukung fungsi dari kapal tersebut. Berbagai jenis perlengkapan kapal besi ini tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang beragam. Mulai dari masalah operasional kapal, hingga masalah keselamatan penumpang dan keamanan kapal.

Dengan adanya perlengkapan besi ini, maka setiap kebutuhan selama mengarungi lautan lepas pun dapat teratasi. Dan tentunya, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan pada lalu lintas perairan. Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa perlengkapan besi yang umumnya ditemukan di kapal laut. Selamat membaca!

Sling

Perlengkapan besi pada kapal yang akan dibahas untuk pertama kalinya adalah sling atau dikenal dengan alat angkat. Sling biasa dipakai sebagai istilah untuk menyebut alat bantu angkat khususnya untuk benda-benda berbobot berat dan berukuran besar. Tidak heran alat ini kerap digunakan di berbagai cabang industri, termasuk di atas kapal. Kedua ujung dari sling ini diterminasi ataupun dibuat mata sebagai sarana mengaitkan sesuatu. Benda yang dapat dikaitkan seperti hook, masterlink, dan lain sebagainya.

Di dunia industri termasuk di atas kapal, ada beberapa jenis jenis kapal yang menggunakan sling. Salah satunya adalah wire rope sling. Ternyata wire rope sling ini berbentuk seperti tali dari baja, yang terbuat dari kawat yang dipilin sedemikian rupa. Wire rope sling ini biasa digunakan awak kapal untuk mengangkat barang, menarik dan mengikat sesuatu benda, dan menambatkan kapal. Pembuatan dari wire rope sling ini dapat dimodifikasi dan dirancang khusus sesuai dengan penggunaan benda ini di lapangan.

Jenis sling yang selanjutnya akan dibahas adalah chain sling. Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, arti dari chain sling adalah sling rantai. Kegunaan rantai pada sling jenis ini digunakan untuk mengangkat, menarik, dan juga mengikat benda-benda yang dibutuhkan. Selain itu, sling jenis ini juga dapat digunakan pada roller mesin yaitu untuk menggerakkan mesin. Pada sling jenis ini, sering ditambahkan pengait pada ujungnya atau aksesoris lain yang dapat menunjang kinerja dari perlengkapan besi pada kapal ini.

Jenis lainnya adalah webbing sling. Sling jenis ini biasa juga disebut dengan istilah sling belt. Sling jenis ini digunakan sebagai pengganti dari wire rope sling atau chain sling. Alat ini memiliki beberapa kelebihan. Yaitu lebih ringan, tahan karat, dan tidak merusak ataupun menyebabkan barang yang diangkutnya kotor.

Jenis sling yang terakhir adalah round sling. Alat jenis ini dibungkus oleh lapisan sintetik dan bentuknya dibuat melingkar. Kelebihan dari alat ini salah satunya adalah daya tahannya yang lebih lama daripada jenis sling lainnya.

Rantai Kapal

Bagi orang yang bekerja di bidang kelauatan dan juga perkapalan, tentu alat keselamatan ini sangat familiar. Perlengkapan kapal yang berfungsi sebagai peralatan angkat dan juga peralatan kapal tarik yang terbuat dari besi ataupun baja ini sudah sangat populer. Perlengkapan besi pada kapal yang satu ini memiliki ukuran yang besar dan bobot yang berat juga sesuai dengan benda yang dapat diangkutnya. Karena kapal memuat berbagai benda dengan bobot yang berat, maka untuk mengangkat dan menariknya membutuhkan alat yang kokoh dan kuat. Rantai kapal ini merupakan salah satu alat yang terbuat dari campuran besi dan juga baja yang terjamin kekuatannya.

Ada beberapa jenis rantai yang cukup populer di bidang perkapalan. Salah satunya adalah rantai yang biasa digunakan untuk mengaitkan jangkar. Nama dari rantai ini adalah rantai jangkar U2 dan juga rantai jangkar U3. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari alat ini adalah sebagai pengait jangkar dan digunakan ketika kapal akan berlabuh di dermaga. Ada pula jenis rantai yang diberi nama rantai baja grade 80 dan juga rantai baja grade 100. Biasanya, kapal perikanan akan membutuhkan alat yang satu ini.

Kedua jenis rantai ini umumnya digunakan untuk alat bantu dalam mengangkat barang-barang di kapal. Yang terakhir adalah rantai yang terbuat dari stainless steel. Rantai jenis ini terbilang lebih sederhana daripada rantai lainnya, dan digunakan hanya untuk mengikat atau menarik benda yang lebih ringan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai aksesoris kapal. Rantai jenis ini terbuat dari bahan yang lebih lunak dibandingkan dengan jenis rantai kapal lainnya.

Setiap rantai di atas kapal memiliki karakteristik masing-masing. Umumnya, rantai-rantai ini terbuat dari campuran bahan yang kokoh sehingga dapat mendukung fungsinya. Rantai-rantai ini juga sangat kuat dan pastinya tahan karat serta tahan lama. Oleh karena itu, rantai termasuk salah satu perlengkapan besi yang pasti ditemui di setiap unit kapal laut.

Zinc Anode kapal

Peralatan besi terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah zinc anode kapal. Bagi masyarakat yang tidak bekerja di bidang perkapalan, mungkin alat ini tidak begitu familiar. Zinc anode merupakan suatu alat di perkapalan yang terbuat dari metal dan sejenis timah. Alat ini pada umumnya dipasang pada bagian bawah dari kapal dengan cara dilelehkan atau dilebur. Zinc anode ini secara umum dapat diartikan sebagai metal anti karat. Karena fungsi utama dari alat ini adalah mencegah terjadinya reaksi karat di bagian plat besi kapal. Benda ini tidak boleh terkena cat pada saat proses pengecatan bagian bawah kapal. Hal ini dikarenakan material cat dapat mengganggu proses kerja dari alat ini.

Demikianlah beberapa perlengkapan besi pada kapal yang dapat dibahas pada artikel kali ini. Semoga dapat menambah informasi baru bagi para pembaca. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *