5 Penyakit Umum di Indonesia

5 PENYAKIT UMUM DI INDONESIA

Ketika sakit penyerang, kesehatan bernilai mahal karena membutuhkan berbagai pengobatan. Sangat penting menjaga kesehatan agar tidak menyesal dikemudian hari. Terlebih lagi beberapa penyakit umum di Indonesia berikut ini sangat rentan menyerang.

Biasanya penyakit menyerang seseorang karena memiliki pola hidup kurang sehat. Misalnya, kurang olahraga, sering begadang, stress, dan tidak mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Meskipun tidak dikategorikan sebagai penyakit menular tetapi jika tidak segera diobati dapat mengancam nyawa.

5 Penyakit Umum di Indonesia

Kelima penyakit umum di Indonesia berikut ini menjadi masalah nyata yang dialami masyarakat. Penasaran apa saja penyakit yang umumnya terjadi? Simak penjelasan berikut ini. Check this out!

1. Stroke

5 PENYAKIT UMUM DI INDONESIA

Penyakit stroke dapat dikatakan sebagai penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia. Stroke merupakan penyakit yang disebabkan penggupalan atau penyumbatan darah pada pembuluh darah menuju otak. Sehingga, suplai darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otak menjadi terhenti atau terhambat.

Sebuah hasil studi kedokteran yang dipublikasikan Healthline mengemukakan dua faktor utama penyebab stroke. Pertama, faktor yang tidak dapat dikendalikan seperti usia, riwayat kesehatan keluarga, riwayat kesehatan sendiri, dan ras.

Kedua, faktor yang dapat dikendalikan seperti pola hidup, pola makan, pengaruh alkohol atau obat-obatan, tekanan darah, dan stress.

Setiap orang sehat berpotensi terserang stroke tanpa memandang umur, ras, dan jenis kelamin. Biasanya gejala stroke menyerang dengan tiba-tiba pada salah satu bagian tubuh atau seluruh bagian tubuh. Stroke harus dengan sigap ditangani oleh dokter ahli dan obat stroke paling ampuh.

Setelah rentan waktu 24 jam hingga 72 jam, barulah kondisi pengidap stroke bertambah buruk. Adapun gejala-gejala permulaan yang ditunjukkan seseorang antara lain:

  1. Sakit kepala menyerang dengan tiba-tiba dan luar biasa.
  2. Kehilangan keseimbangan yang membuat jalan tidak lurus dan sering terjatuh.
  3. Merasa kelelahan berlebihan usai melakukan aktifitas normal.
  4. Kehilangan kesadaran, pingsan, dan koma.
  5. Pusing dan Vertigo bersamaan selama berjam-jam.
  6. Penglihatan buram dan perlahan menghitam.
  7. Tubuh menjadi mati rasa.
  8. Masalah pendengaran dan kesulitan berbicara.

Apabila Anda dan orang terdekat mengalami masalah seperti ini maka harus memperoleh pertolongan medis. Jangan dibiarkan berlama-lama karena stroke dapat merenggut nyawa, stroke harus cepat diatasi baik dengan obat stroke dan konsultasi ke dokter.

2. Hipertensi

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dialami 80% masyarakat Indonesia. Penyakit satu ini dinilai sebagai pembunuh senyap karena tidak menunjukkan gejala signifikan. Ironisnya penderita tidak sadar bahwa dirinya terkena hipertensi.

Penyakit hipertensi menjadi lebih mematikan jika sudah terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya. Beberapa faktor pemicu hipertensi yakni merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurang melakukan olahraga, dan kurang mengonsumsi asupan natrium.

BACA JUGA: LES PRIVATE JAKARTA PROFESIONAL DENGAN HARGA MURAH, SEDIA PAKET TRIAL JUGA!

3. Gagal Jantung

Penyakit jantung atau gagal jantung juga sering dialami masyarakat Indonesia. Gagal jantung adalah kondisi ketika katup jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan normal. 

Gagal jantung tidak berarti organ tersebut berhenti bekerja tetapi kinerjanya yang kurang optimal. Penyakit satu ini lebih sering menyerang orang tua dibanding anak muda. Pertanda seseorang mengalami gagal jantung yakni nafas sesak, tidak sanggup melakukan aktifitas berat, mudah lelah, jantung berdegup kencang, dan pusing.

Disamping itu, gagal jantung juga dapat disebabkan karena hipertensi, kardiomiopati, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung koroner. Ada beberapa hal lain yang memicu gagal jantung yakni kecanduan alkohol, anemia, tiroid sangat aktif, dan kurang melakukan aktifitas fisik.

4. Diabetes

Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak bekerja maksimal dalam memproduksi hormon insulin. Bahaya diabetes sering disamakan dengan hipertensi karena penderita tidak sadar dirinya mengidap diabetes.

Penyebab diabetes sangat beragam, yakni berat badan berlebih, faktor genetik, keturunan, usia, hipertensi, dan kadar kolesterol yang tinggi. Diabetes harus ditangani secara tuntas agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit yang parah. Biasanya penderita diabetes mengalami kerusakan saraf, ginjal, dan pembuluh darah.

5. TBC

TBC dapat dianggap sebagai penyakit tidak menular dan paling sering dialami masyarakat di Indonesia. Penyebab TBC yang menyerang paru-paru karena berkembang biaknya bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Virus TBC  dapat menyebar melalui udara dimana penderita bersin dan batuk-batuk. Selain itu, ludah dan bersin dari pengidap TBC juga dapat menularkan penyakit ke orang sehat yang ada disekitarnya.