7 Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

7 CARA MEMBUAT INSTAGRAM BISNIS MENARIK

Di era digital ini, media sosial memiliki peranan yang sangat penting di berbagai aspek. Salah satunya di bidang ekonomi dan bisnis yang berbasis digital. Ada begitu banyak ide bisnis yang booming kemudian berhasil sukses berkat penggunaan media sosial, terutama Instagram, sebagai media online marketingnya. Misalnya saja bisnis standing pouch print yang saat ini lagi hits.

Melalui akun Instagram, para pengguna dapat bebas memposting foto atau video setiap harinya. Dari postingan foto di sebuah akun Instagram, kita bisa mendapatkan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan love dan komen  dari para followers akun Instagram kita.

Nah, dengan cara sederhana ini, Instagram punya manfaat sebagai media online marketing bagi para perintis bisnis muda nan kreatif. Instagram juga di nilai sangat efektif bagi para pebisnis, terutama pebisnis pemula untuk membangun sekaligus mengembangkan label atau brand suatu bisnis. Nah, agar semakin optimal, berikut beberapa cara membuat instagram bisnis menarik. 

7 cara membuat instagram bisnis menarik menguntungkan bisnis anda

Gunakan Fitur Instagram for Business

7 CARA MEMBUAT INSTAGRAM BISNIS MENARIK MENGUNTUNGKAN BISNIS ANDA
source: blogs.constantcontact.com

Sekitar Mei 2016 lalu, Instagram secara resmi merilis sebuah fitur baru yang dinamakan Instagram for Business. Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna Instagram dapat membangun sebuah bisnis dengan dukungan profil bisnis di akun Instagram mereka. 

Dengan dukungan profile bisnis semacam ini, pengguna Instagram dapat mengoptimalkan akun Instagramnya sebagai ‘alat’ untuk menampilkan profil bisnis secara detail kontak bisnis (SMS, telepon, dan email). Profil bisnis pada sebuah akun Instagram juga dapat membantu pengguna untuk melihat Insight, fitur Instagram lainnya, sekaligus mampu mempromosikan bisnis yang sedang dibangun. 

Manfaatkan Fitur Insights

7 CARA MEMBUAT INSTAGRAM BISNIS MENARIK MENGUNTUNGKAN BISNIS ANDA
source: tipsjualonline.com

Selain fitur baru menggunakan Instagram bisnis, Instagram juga memiliki fitur baru lainnya, yaitu Insights. Sesuai dengan nama fiturnya, Insights memberi informasi penting terkait dengan para followers Instagram.

Melalui fitur ini pengguna juga dapat melihat daya jangkau keterlibatan followers pada akun Instagram. Dengan modal informasi ini, seorang pebisnis yang juga memanfaatkan akun Instagram-nya sebagai media berbisnis dapat menganalisa perilaku dan demografis followers. Dengan demikian, pengguna bisa mengupayakan pembuatan konten Instagram yang relevan dengan followers

Baca juga: REKOMENDASI HP REALME MURAH PALING POPULER

Promote

Ada juga fitur Promote yang mana  fitur ini mampu menjadikan konten di Instagram sebagai bagian iklan atau ads pada aplikasi Instagram. Iklan atau ads ini tentunya sangat membantu pebisnis untuk dapat terhubung dengan para pelanggan bisnis Anda. Cara menjadikan salah satu postingan Anda sebagai iklan via fitur Promote ini sangat mudah. Caranya, pilih salah satu postingan di Instagram lalu tambahkan sebuah tool yang dinamakan Action Button pada postingan tersebut. 

Kemudian Anda dapat memilih followers yang akan Anda jadikan sebagai target customers dengan cara mengizinkan Instagram untuk memilih followers yang disarankan oleh Instagram. Hanya dalam hitungan sekian detik saja, postingan Instagram Anda tersebut akan diubah menjadi sebuah iklan dengan masa atau periode yang sesuai dengan periode yang Anda pilih. 

Dengan menggunakan tool ini, bisnis yang Anda promosikan via Instagram ini bisa Anda promosikan ke pengguna Instagram dari berbagai penjuru dunia. Bisnis Anda juga dapat menyesuaikan kebutuhan followers Anda. Misal dengan menyesuaikan konten atau dengan mengaplikasikan strategi marketing yang tepat, baik marketing online maupun marketing offline. Berkat tool baru dari Instagram ini pula, berbisnis via Instagram pun menjadi lebih mudah. 

Perbaharui Bio & Username Instagram

source: lancemontana.com.au

Ini adalah cara membuat instagram bisnis menarik lainnya yang bisa Anda coba implementasikan. Cara yang satu ini termasuk cara yang efektif agar akun Anda begitu mudah untuk diakses oleh pengguna Instagram lainnya. Samakan username akun Instagram Anda dengan username media sosial bisnis Anda (misal Facebook, Twitter, dll). Jangan lupa sertakan website atau blog pribadi ke dalam profil bisnis pada akun Instagram Anda. Lampirkan bio singkat seputar bisnis Anda agar pengunjung dan followers Instagram Anda mudah mendapatkan informasi dari bio tersebut. 

Manfaatkan bio Anda sebagai sumber informasi tentang bisnis apa yang sedang Anda tekuni dan signifikansi bisnis Anda. Tampaknya akan menjadi ide bagus apabila Anda juga tambahkan permainan branded hashtags yang mungkin akan digunakan oleh para followers Anda. 

Branded hashtags sendiri adalah sebuah permainan penggunaan hashtag yang dapat dimanfaatkan untuk promosi, launching suatu produk, kuis, kontes, dan peristiwa-peristiwa penting. Hanya dengan menggunakan hashtag saja, pengguna Instagram dapat mengetahui bisnis Anda. 

Main Followers

source: socialmediaexplorer.com

Main followers di sini maksudnya adalah mengoptimalkan jumlah followers yang Anda miliki di akun Instagram Anda. Semakin banyak jumlah followers di akun Instagram Anda, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan target customer untuk bisnis Anda. 

Jumlah followers suatu akun Instagram bisnis juga bisa menjadi sebuah indikator akan kualitas dan kredibilitas bisnis yang sedang Anda rintis. Tak heran jika saat ini banyak pengguna Instagram bisnis yang memanfaatkan jasa bisnis buy followers untuk menaikan jumlah followers mereka secara instan. Dan cara ini sungguh efektif. Jumlah followers dapat meroket hanya dalam hitungan detik saja. 

Menggunakan jasa bisnis beli followers tentu sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik Anda sendiri maupun penyedia jasa beli followers. Bagi customer seperti Anda, selain jumlah followers di akun Instagram Anda bertambah secara signifikan, akun Instagram Anda berpeluang besar untuk tersebar lebih luas lagi berkat transaksi jual-beli followers ini. 

Masih terkait dengan signifikansi followers, cara membuat bisnis Instagram menarik lainnya yaitu dengan mem-follow akun-akun Instagram lainnya, terutama akun-akun yang ada kaitannya dengan bisnis Anda. Atau dengan cara lainnya seperti mem-follow akun Instagram influencer yang memiliki ketertarikan bisnis yang sama dengan Anda.

Manage Feeds Instagram (Instagram Presence)

Usahakan Instagram Presence Anda stabil. Caranya yaitu dengan terus aktif di Instagram. Misal dengan mengatur jadwal kapan Anda memposting foto atau video. Lakukan secara rutin; misal sehari sekali. Cara lainnya yaitu dengan melakukan repost foto atau video dari akun-akun Instagram lain yang relevan dengan bisnis Anda. Hindari memposting foto atau video terlalu sering karena hanya akan membuat followers Anda jenuh dan memenuhi timeline Instagram mereka. 

Visual yang ‘Menjual’

Visual yang ‘menjual’ di sini meliputi visual yang konsisten, berkualitas, kreatif, dan relevan dengan bisnis Anda. Dan juga visual yang konsisten, misalnya, jika Anda gunakan sebuah filter pada foto yang akan Anda unggah pada Instagram Anda. Pastikan Anda menggunakan filter yang sama untuk postingan-postingan berikutnya. 

Nah, ada dua aplikasi editing yang recommended untuk menghasilkan hasil editing yang konsisten dan berkualitas. Kedua aplikasi tersebut adalah Enhance dan VSCOcam yang mana kedua aplikasi ini memiliki filter dan fitur editing yang sangat membantu penggunanya untuk mendapatkan style yang sesuai dengan selera mereka. 

Dengan ratusan juta pengguna aktif, Instagram adalah online marketing tool yang sangat efektif untuk membangun sekaligus mengembangkan suatu bisnis online secara gratis. Anda dapat memulainya hanya dengan akun Instagram Anda. Anda hanya perlu mencoba mengaplikasikan 7 trik di atas agar bisnis yang akan Anda rintis dapat berkembang bahkan menjangkau skala global. Selamat mencoba.